Minggu, 28 Maret 2010

menghadapi skripsi

DON'T PANIC

sampai pada saat ini, hampir satu minggu SK Skripsi dibagikan, masih gak tau mau bikin apa. sampai-sampai rasanya ne otak udah speechless, (lebay), hehehe. . mulai dari salah kirim email lah, gag sadar juga kalo sebenernya udah ada email masuk, dan lainnya. yah pokoknya jadi gak fokus gara-gara bercabang otak gw. mulai cari ke sana-sini refrensi. mulai dari buka-buka internet, sms-an dengan senior, kiriman email, transfer data lewat flashdisk, hingga nulis status di facebook untuk minta refrensi dari teman-teman. waduh saking banyaknya malah jadi tambah pusing yah. .

mungkin ini dikarenakan gw panik. jadi, ada beberapa tips nih menurut gw untuk mengatasi ini, yaitu :
1. tentunya jangan panik,
2. coba cari dulu deh dari diri kita sendiri, apa sih yang sebenarnya materi yang kita sukai. tentunya kalo kita sukai otomatis kita dapat mengerti, karena akan terus punya semangat untuk mempelajari materi tersebut.
3. cari beberapa refrensi dari berbagai media. bisa dari perpustakaan, internet, dan sebagainya. tapi saran saya, jangan terlalu kebanyakan judul juga yah! coba fokuskan dengan salah satu judul yang ingin kamu kuasai dulu, karena dengan kebanyakan judul juga malah hanya akan menambah pusing.
4. ikuti zaman. maksudnya di sini ialah kita lihat apa sih yang sedang ramai dibicarakan baik secara makro maupun mikro. mulai dari international, nasional, maupun lingkungan di daerah rumah kita sendiri. nah, bisa tuh di match-kan dengan judul kita. bisa juga kan untuk menjadi refrensi.
5. diskusi dengan teman-teman,
6. tentukan objeknya juga, takutnya pada saat judul kita sudah diterima, eh ternyata objek tersebut tidak dapat memberikan data, yang akan membuat kita untuk ganti judul,
6. nah yang paling penting adalah BERDOA serta minta dukungan dari orang tua!!

itu adalah beberapa tips yang mungkin sedikit bisa membantu kita. tapi, kan pastinya saat pertama kali kita mengajukan judul, belum tentu juga yah kita diterima. pasti ada juga yang ditolak. seperti pengalaman saya waktu membuat Penulisan Ilmiah. nah, ada lagi nih tips-tips nya, yaitu :
1. sama seperti tips yang di atas, hal pertama adalah, JANGAN PANIK!!!
2. cari refrensi lain yang sekiranya itu yang diinginkan oleh dosen, tentunya kita juga jangan takut-takut untuk sharing sama dosen,
3. terus pelajari bahan yang baru sehingga pada saat mengajukannya pun, kita dapat menguasai materi tersebut,
4. minta bantuan teman-teman dan siapa saja yang dianggap bisa membantu,
5. dan tentunya jangan lupa berdoa dan minta dukungan orang tua.

nah, mungkin ternyata kita mengalami proses yang LUAR BIASA nih, judul kita masih belum diterima-terima, maka satu pesan saya, JANGAN MENYERAH!!!! lakukan terus tips-tips yang di atas. dan jangan mengeluh dengan proses tersebut, justru kita harus mengucap syukur akan proses tersebut karena akan beda rasanya saat kita akhirnya akan merasakan buah dari perjuangan kita. jadi TETAP SEMANGAT yah teman-teman dalam menghadapi skripsi!!! keep smile ^_^

0 komentar:

Posting Komentar